Sosial Media

twiiter

youtube

instagram

Wednesday, 19 July 2017 09:51

Budi Waseso - Hari Yang Memprihatinkan Bagi Bangsa Indonesia, Karena Indonesia Masih Termasuk Negara Darurat Narkoba

Budi Waseso - Hari Yang Memprihatinkan Bagi Bangsa Indonesia, Karena Indonesia Masih Termasuk Negara Darurat Narkoba Media Online

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2017 dengan tema “Peran Aktif dan Pendayagunaan Seluruh Komponen dan Potensi Bangsa dalam Menghadapi Keadaan Darurat Nasional Menuju Indonesia Yang Sehat”, diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta (13/7).

Dalam Pidatonya Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol. Budi Waseso menyampaikan pada Tahun 2016 BNN bekerjasama dengan PUSLITBANGKES UI mencatat angka prevalensi pelajar mahasiswa mencapai 1,9% pengguna aktif atau 2 dari 100 orang pelajar dan mahasiswa di Indonesia masih menggunakan narkotika.

Penggunaan teknologi internet untuk perdagangan dan peredaran gelap narkotika dan prekusor pun meningkat baik dari segi nilai dan transaksi maupun jenis narkotika yang diperdagangkan, selain itu muncul jenis-jenis baru yang turut menambah tantangan dan hambatan dalam upaya menanggulangi permasalahan narkotika.

Berdasarkan data yang dikeluarkan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC)  report 2016 sejak tahun 2008-2015 telah terindikasi sebanyak 644 total New Psychoactive Substances (NPS) yang dilaporkan oleh 102 negara dan 65 jenis baru telah masuk ke Indonesia dan  sudah masuk Peraturan Menteri Kesehatan RI (PERMENKES RI) Nomor 2 Tahun 2017, sedangkan 44 jenis NPS belum masuk dalam lampiran PERMENKES RI.

Dalam jumpa pers Budi Waseso yang biasa di sapa Buwas menyampaikan makna HANI 2017 yaitu merupakan hari yang memprihatinkan bagi bangsa Indonesia, karena Indonesia masih termasuk negara darurat narkoba. Peredaran narkoba sebanyak 50% dikendalikan di dalam Lapas dan juga diselundupkan dari negara tetangga, bahkan negara Thailand menangkap 1 kontainer sabu yang rencana akan dikirim ke Indonesia.

Buwas berharap seluruh elemen bangsa dapat memerangi narkoba tanpa ampun. Pelaksanaan HANI 2017 di TMII yang merepresentasikan Indonesia kecil sebagai simbol keprihatinan terhadap masalah narkoba dan masalah bangsa dan negara.(yul)

#stopnarkoba 

Read 147 times Last modified on Wednesday, 19 July 2017 09:56
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…